Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI) merupakan jurnal resmi Persatuan Perawat Nasional Indonesia.  Jurnal ini merupakan jurnal dengan peer-review yang diterbitkan secara berkala setiap 4 bulan sekali, berfokus pada pengembangan keperawatan di Indonesia.  Tujuan diterbitkan JPPNI adalah untuk mewujudkan keperawatan sebagai suatu profesi yang ditandai oleh kegiatan ilmiah yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan oleh perawat di Indonesia, dikomunikasikan melalui media jurnal yang dikelola oleh organisasi profesi, dan didistribusikan ke kalangan perawat, pemangku kepentingan, dan masyarakat.

JPPNI menerima naskah yang dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi PPNI yaitu sebagai wadah nasional yang memiliki kekuatan suara komunitas keperawatan dan peduli terhadap pemberian pelayanan/asuhan keperawatan yang bermutu bagi kepentingan masyarakat. JPPNI menerima naskah yang memuat hasil penelitian antara lain di bidang Keperawatan Medical Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Komunitas, dan Manajemen Keperawatan. Selain itu, naskah yang diterima juga diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan misi PPNI untuk menguatkan manajemen dan kepemimpinan PPNI untuk mencapai organisasi yang berwibawa, jejaring yang kuat di tingkat kepengurusan Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Komisariat; mendukung perawat Indonesia untuk melakukan praktik keperawatan yang aman, kompeten dan professional bagi masyarakat Indonesia; dan menjadi pintu gerbang standar keperawatan regional dan internasional.  Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses review secara double blind sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah yang dikirimkan ke JPPNI akan melalui proses editorial review dan double blind peer reviews.  naskah yang tidak memenuhi kriteria akan ditolak.  Naskah yang ditetapkan sesuai dengan dengan focus dan lingkup JPPNI akan dikirim ke reviewer.  Setiap naskah akan di-review oleh satu orang reviewer.  Pada beberapa kondisi, satu naskah dapat di-review oleh lebih dari satu orang reviewer.  Hasil review akan menjadi dasar suatu naskah diputuskan diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, atau ditolak.

Naskah yang diterima dengan revisi akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu mengirimkan kembali naskah tersebut kepada penulis untuk dilakukan perbaikan sesuai dengan masukan dari reviewer. Sedangkan untuk naskah yang ditolak akan dikembalikan kepada penulis melalui email. Penulis dapat mengirimkan kembali naskah tersebut apabila sudah dilakukan perbaikan dan mengikuti ketentuan dan prosedur dari awal.  Tim Editorial berhak untuk melakukan edit terhadap naskah dan semua hal yang terkait dengan penerbitan naskan di JPPNI sesuai dengan gaya selingkung JPPNI. Tim editor akan mendistribusikan naskah kepada reviewer untuk selanjutnya dilakukan review naskah. Hasil review naskah akan dikembalikan kepada penulis untuk dilakukan perbaikan. Bila perbaikan sudah selesai dan sesuai dengan ketentuan maka reviewer akan memberikan persetujuan penerbitan naskah tersebut. Tim editor melakukan layout dan pencetakan naskah.

 

Archiving

Jurnal ini akan diarsipkaan(Journal archiving) secara permanen untuk menjaga keamanan dan penyimpanan data dengan menggunakan sistem LOCKSS.

 

Publication Frequency

JPPNI terbit setiap 4 bulan sekali (April, Agustus, Desember)

 

Open Access Policy

JPPNI merupakan open access journal yang disediakan untuk pembaca tanpa dikenakan biaya.  Pembaca dapat membaca, mengunduh, mendistribusikan, mencetak, menggandakan, dan melakukan pencarian semua artikel yang ada di JPPNI.

 

Publication Ethics and Malpractice Statement

JPPNI menerapkan Kode Etika Publikasi Ilmiah dalam setiap terbitannya.  Kode Etik Publikasi Ilmiah ini mencakup tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu kenetralan (bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi), keadilan (memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai penulis), dan kejujuran [bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi].  JPPNI mengikuti panduan dari Committee on Publication Ethics (COPE) terkait semua aspek dalam etika publikasi.  Semua artikel pada JPPNI yang melibatkan subyek manusia harus mengikuti Deklarasi Helsinki sedangkan yang melibatkan subyek binatang harus mematuhi the International Guiding Principles for Biomedical Research as developed by the Council for International Organization of Medical Sciences (CIOMS).

JPPNI berkomitmen untuk melaksanakan standar etika publikasi di setiap terbitannya.  Semua artikel yang tidak sesuai dengan standar ini akan ditarik dari publikasi. Jika ada artikel di JPPNI yang diduga mengandung unsur plagiarisme maupun penerbitan pada lebih dari satu jurnal yang berbeda maka akan dilaporkan pada pihak yang terkait.

Berikut ini kode etik bagi penulis, dewan redaksi, dan reviewer JPPNI yang harus dilaksanakan.

Editorial Policy

Penulis:

  • Memastikan bahwa naskah/manuskrip yang dikirimkan merupakan artikel asli, bebas dari fabrikasi, falsifikasi, plagiarisme, duplikasi, fragmentasi/salami dan pelanggaran hak cipta data/isi.
  • Memastikan bahwa naskah/manuskrip tersebut belum diterbitkan di tempat lain atau tidak sedang dalam proses penilaian pada jurnal yang lain, dan selama proses penilaian oleh JPPNI tidak akan ditarik dan dikirimkan ke jurnal lain untuk dinilai.
  • Bersedia memperbaiki naskah/manuskrip yang telah dinilai dan tidak menariknya secara sepihak tanpa memberitahu redaksi JPPNI, terutama jika naskah sedang dalam proses telaah.
  • Menginformasikan pada JPPNI bahwa naskah/manuskrip yang dikirimkan tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, memfitnah atau lainnya dan tidak mengandung bahan yang melanggar hak-hak pribadi atau hak milik dari setiap orang atau badan lainnya.
  • Menginformasikan pada JPPNI bahwa naskah/manuskrip yang dikirimkan merupakan kontribusi seluruh tim penulis, tidak melibatkan honorary author maupun ghost author.
  • Menuliskan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang membantu proses penelitian dan penerbitan naskah/manuskrip.
  • Menyatakan persetujuan kepengarangan yang berisi bahwa tim penulis mengakui kepengarangan terkait dengan tanggung jawab publik dan bertanggung jawab atas keseluruhan isi yang dikemukakan dalam naskah/manuskrip.
  • Mengirimkan artikel melalui website JPPNI.

Dewan Redaksi:

  • Memastikan double blind peer-review pada naskah/manuskrip yang dikirim oleh penulis dilakukan secara adil dan proporsional
  • Mengungkapkan jika ada konflik kepentingan.
  • Memastikan bahwa semua informasi yang terkait dengan naskah/manuskrip yang dikirimkan disimpan sebagai rahasia sebelum penerbitan.
  • Mengevaluasi naskah/manuskrip hanya untuk konten intelektualnya tanpa melihat etnis, suku bangsa, kepercayaan, politik, afiliasi ras, agama dan kelembagaan penulis.
  • Ketua Redaksi (Editor-in-Chief) melakukan koordinasi terkait pembagian peran dan tanggung jawab tim editorial board JPPNI.
  • Editor dapat berkomunikasi dengan reviewer untuk membuat keputusan akhir.

Reviewer:

  • Mengevaluasi naskah/manuskrip berdasarkan konten tanpa memerhatikan asal etnis, jenis kelamin, orientasi seksual, kewarganegaraan, keyakinan agama atau pilihan politik penulis.
  • Memastikan bahwa semua informasi yang berkaitan dengan naskah/manuskrip yang dikirimkan disimpan sebagai rahasia dan melaporkan kepada Ketua Dewan Redaksi (Editor-in-Chief) jika mengetahui adanya pelanggaran hak cipta dan plagiarisme di sisi penulis.
  • Mengevaluasi naskah/manuskrip yang disampaikan secara obyektif serta menyajikan dengan jelas pendapat mereka tentang karya dengan cara yang jelas dalam bentuk ulasan dan isian form hasil review artikel JPPNI.
  • Menjaga informasi yang berkaitan dengan naskah rahasia.
  • Menginformasikan pada Ketua Redaksi (Editor-in-Chief) dan menarik dirinya sendiri dari proses peninjauan jika merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam naskah/manuskrip.

 

Disclaimer

Opini yang muncul dalam artikel yang dimuat di JPPNI tidak mencerminkan pandangan dari editorial board maupun dari penerbit.

 

Publication Charges

JPPNI adalah jurnal dengan akses terbuka yang tidak memungut biaya untuk setiap naskah yang sudah diterima dan diterbitkan di JPPNI. Setiap naskah yang diterbitkan di JPPNI maka penulis akan mendapatkan satu eksemplar jurnal yang memuat artikel yang ditulisnya dan sepuluh eksemplar cetak lepas artikel tersebut.

 

Advertising Policy

Iklan tidak diperkenankan muncul dalam bagian naskah versi cetak maupun versi online.

 

Publication Information

Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (P-ISSN 2503-1376; E-ISSN 2549-8576).

Singkatan: JPPNI

JPPNI terbit pertama kali pada bulan April tahun 2016.

JPPNI merupakan jurnal resmi yang diterbitkan oleh Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI).

 

Article Withdrawal Policy

Penulis dapat menarik naskah dari rencana penerbitan di JPPNI dengan mengirimkan surat atau email resmi ke sekretariat JPPNI dengan membuat surat resmi yang ditandatangani oleh semua tim penulis naskah dan mengirimkannya melalui email ke alamat email sekretariat JPPNI. Pada surat tersebut dicantumkan alasan penarikan naskah.

 

Confidentiality

Setiap naskah yang dikirimkan dan diterbitkan di JPPNI akan dijaga kerahasiaannya.  Demikian juga dengan semua bentuk komunikasi baik dengan penulis maupun dengan editor. Setiap penulis wajib menjaga kerahasiaan komunikasi dengan JPPNI. Tidak diperkenankan mengirimkan segala bentuk korespondensi dengan JPPNI ke website atau penerbit lain tanpa ijin dari editor.

 

Policy of Screening for Plagiarism

Naskah yang akan diterbitkan dalam JPPNI harus bebas dari plagiarisme karya orang lain ataupun karya diri sendiri (self-plagiarism) berupa ide, isi data, kata, kalimat, paragraf, atau seluruhnya. Sehingga perlu dilakukan pengecekan kemiripan/plagiarisme yang menggunakan perangkat alat iThenticate dan Turnitin. Pengecekan kemiripan/plagiarisme naskah yang ditoleransi JPPNI adalah kurang dari 20% dan hasilnya diserahkan kepada tim editor sebelum naskah tersebut di-review dan dipublikasikan.